Sabar Hadapi Media Sosial Saat Berpuasa

By Admin

nusakini.com--Keberadaan media sosial pada zaman sekarang membuat arus informasi tak terbendung di sekitar masyarakat. Informasi yang benar maupun tidak, dapat diakses masyarakat dengan mudah. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan bahwa media sosial merupakan tantangan terberat bagi kita seperti saat puasa sekarang. 

Saat puasa kita dianjurkan untuk lebih bersabar dalam menghadapi sesuatu. Termasuk menghadapi informasi yang belum tentu kebenarannya di media sosial. Kita hendaknya mampu untuk lebih kritis dan menahan diri saat menerima informasi. Tidak perlu setiap informasi yang kita terima melalui media sosial lalu kita sebar luaskan tanpa konfirmasi terlebih dahulu kebenarannya. 

"Tantangan terbesar puasa di Indonesia adalah menghadapi WhatsApp Group. Ada banyak WhatsApp Group. Kita harus lebih sabar menghadapinya, terutama informasi-informasi yang tidak mengenakkan masuk ke handphone kita," ujar Arcandra Tahar saat menghadiri Buka Bersama Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia di Ballroom Kempinski, Jakarta, Rabu (23/5). 

Menahan diri saat puasa harus dilakukan dalam semua hal, termasuk sabar bermedia sosial. Jangan sampai ketidaksabaran kita saat menghadapi media sosial membuat kita merusak puasa Ramadan.(p/ab)